Dalam rangka memperkenalkan dunia industri pangan kepada mahasiswa angkatan pertama serta sebagai salah satu kegiatan dalam mata kuliah Pengenalan Teknologi Pangan, maka diadakan Kunjungan Industri yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 November 2018. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa akan mengunjungi salah satu industri yang memanfaatkan sumber daya alam pertanian yang paling banyak dihasilkan di Provinsi Lampung, yaitu PT Sinar Pematang Mulia 2 yang berlokasi di Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam kunjungan industri tersebut, mahasiswa diharapkan mengetahui salah satu prospek lulusan dari Program Studi Teknologi Pangan, serta memahami proses yang berkaitan dengan ilmu yang akan dipelajari di Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Pangan. Sehingga, di akhir dari kunjungan industri ini, mahasiswa yang terbagi dalam kelompok-kelompok kecil diharapkan mampu menyelesaikan tugas berupa karya tulis/ makalah dan presentasi.

Dalam makalah tersebut, ada beberapa hal yang harus tertulis secara jelas, antara lain Profil industri yang dikunjungi, struktur organisasi, proses produksi dalam industri, quality control pada industri tersebut, penanganan limbah industri, serta beberapa dokumentasi. Kesemua hal tersebut dituangkan dalam bab yang berdiri sendiri, dengan bab pertama yang berisi pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan.

Tiap kelompok diperbolehkan untuk berbagi data dan informasi, namun tidak diperkenankan untuk melakukan plagiarism atau sekedar copy paste. Kesemua tulisan harus merupakan hasil pemikiran dari anggota tiap-tiap kelompok. Hal ini diperlukan untuk melatih kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam membuat suatu karya tulis.

Karya tulis baik berupa softfile dan hardfile wajib dikumpulkan, maksimal 14 hari setelah kunjungan industri dilakukan.

Goodluck, selamat berkarya, dan semoga bermanfaat.