Lampung (26/8) – Program studi Teknologi Pangan ITERA telah mengadakan Lokakarya Kurikulum Prodi Kamis (16/8). Lokakarya Kurikulum Program Studi Teknologi Pangan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran utuh terhadap kebutuhan lulusan Teknologi Pangan di Sumatera, yang kemudian akan dituangkan dalam bentuk kurikulum Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera.

Dalam acara tersebut, Teknologi Pangan ITERA mengundang Prof. Dr. Tien R. Muchtadi, Guru Besar Program Studi Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai narasumber terkait penerapan kurikulum di IPB dan aturan kurikulum Teknologi Pangan menurut Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI).

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh perwakilan dari PATPI, Dr. Samsu U. Nurdin, perwakilan dari Teknologi Hasil Pertanian Universitas Lampung, Teknologi Pangan Politeknik Negeri Lampung, BPTP Lampung, B2PT Lampung, BPOM Lampung, dan dari industri yang diwakili oleh PT Great Giant Pinapple dan PT Sinar Pematang Mulia II.

Dalam acara yang juga dihadiri berbagai perwakilan program studi lain di ITERA tersebut, Prof. Dr. Tien R. Muchtad memaparkan pentingnya profil lulusan yang disesuaikan dengan dunia kerja di Sumatera. Beliau juga memaparkan alternatif pengerjaan tugas akhir yang tidak selalu harus di laboratorium. “Pengerjaan tugas akhir sebenarnya juga bisa dilakukan dengan cara magang di pabrik dan bisa menyelesaikan permasalahan dalam pabrik tersebut.”

Dengan adanya kegiatan Lokakarya ini, diharapkan dapat membantu program studi Teknologi Pangan dalam merancang kurikulum yang baik, sehingga calon lulusan dapat bekerja sesuai dengan target yang akan dicapai. (HAP)