You are currently viewing Kuliah Tamu Pengenalan Metode Spektrofotometri UV/UV-VIS dari PT. Ditex Jaya sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Mahasiswa

Kuliah Tamu Pengenalan Metode Spektrofotometri UV/UV-VIS dari PT. Ditex Jaya sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Mahasiswa

Program studi Teknologi Pangan melakukan inovasi pengembangan perkuliahan melalui kuliah tamu pada Jumat, 13 Mei 2022. Kuliah tamu digelar dengan tema “Pengenalan Metode Spektrofotometri UV/UV-VIS”, perkuliahan dilakukan secara online dan wajib bagi mahasiswa matakuliah analisis pangan. Pada kuliah tamu ini dihadiri mahasiswa oleh 127 mahasiswa baik mahasiswa yang mengambil matakuliah analisis pangan maupun mahasiswa tingkat akhir untuk menunjang riset mahasiswa.

Matakuliah ini membahas proses analisis bahan pangan dengan berbagai metode pengujian. Proses analisis baik pada makromolekul maupun mikromolekul dengan metode sederhana sampai pada penggunaan instrumen seperti UV/UV-VIS, GC, HPLC, IR dan sebagainya. Sehingga pada kuliah tamu kali ini fokus membahas metode spektrofotometri UV/UV-VIS dengan pembicara Bapak Yanwar Pratama Putra yang merupakan Sales Engineer dari PT. Ditex Jaya.

Kuliah tamu kali ini membahas prinsip dalam metode spektofotometri sampai pada teknis dan komponen dari instrumen spektofotometer. Ada berbagai tipe pada spectroscopy yaitu Ultaviolet-Visible (UV-VIS) Spectrophotometry, Infrared Spectrophotometry, Mass Spectrophotometry, Nuclear Magnetic Resonance, Atomic absorption/emission/ fluorescence Spectrometry, X-ray Spectrometry. Pada materi juga dijelaskan beberapa hal teknis saat pengujian menggunakan Ultaviolet-Visible (UV-VIS) Spectrophotometry.

Hal teknis saat pengujian menjadi topik yang menarik dalam proses diskusi. Mahasiswa sangat antusias menyampaikan beberapa kendala dan pengalaman mereka saat melakukan praktikum maupun riset di laboratorium. Bapak Yanwan Pratama Putra menjelaskan dengan sangat detail dan teknis setiap pertanyaan yang disampaikan mahasiswa. Hal ini sesuai dengan harapan yang diinginkan bahwa mahasiswa mendapatkan pengetahuan tambahan dari sudut pandang teknisi.  Sehingga dapat melengkapi kemampuan mahasiswa dalam hal pengujian dengan metode spektrofotometri.

Leave a Reply