You are currently viewing Prodi Teknologi Pangan ITERA adakan webinar pangan fungsional untuk memperingati Hari Pangan Sedunia 2021
Webinar hari pangan sedunia 2021

Prodi Teknologi Pangan ITERA adakan webinar pangan fungsional untuk memperingati Hari Pangan Sedunia 2021

Program Studi Teknologi Pangan ITERA mengadakan acara Wonderfoody dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia tahun 2021 dengan tema “Pangan Fungsional Sebagai Peningkat Imunitas Tubuh “. Salah satu rangkaian acara yang diadakan yaitu webinar pada hari Jumat tanggal 15 Oktober 2021 pukul 08.30 – 11.00. Acara webinar kali ini merupakan bagian dari webinar series ITERA yang diselenggarakan oleh prodi dan unit yang ada di ITERA.

Webinar kali ini mengundang dua pemateri yang ahli dibidangnya. Pemateri pertama adalah ibu Riyanti Ekafitri, M.Sc. yang merupakan Peneliti Bidang Pangan dan Ketua Kelompok Penelitian Rekayasa Proses Pangan PRTTG BRIN. Ibu Riyanti Ekafitri, M.Sc membawakan materi dengan topik “Potensi Bahan Pangan Lokal sebagai Pangan Darurat dan Pangan Fungsional di Era Pandemi Covid 19”. Ibu Riyanti menyantakan bahwa pangan darurat merupakan produk pangan olahan yang di rancang khusus untuk memenuhi kebutuhan energi harian manusia dikonsumsi pada situasi yang tidak normal seperti banjir, longsor, gempa bumi, musim kelaparan, kebakaran, peperangan dan kejadian lain yang mengakibatkan manusia tidak dapat hidup secara normal. Pangan ini ditujukan untuk mengurangi kematian para korban bencana dengan menyediakan makanan yang secara nutrisi selama lima belas hari terhitung dari awal pengungsian terjadi. Produk pangan darurat dapat berasal dari berbagai komoditas seperti, kedelai, kacang hijau, pisang, singkong, dan ubi jalar.

Webinar juga diisi oleh pemateri lain yaitu bapak Dr. Ir. Anton Apriantono, MS yang merupakan Menteri Pertanian Republik Indonesia Periode 2004-2009 serta Dewan Pembina Perhimpunan Penggiat Pangan Fungsional dan Nutrasetikal (P3FNI) dengan topik “Potensi dan Pengembangan Pangan Fungsional di Indonesia”. Bapak Anton menyatakan bahwa pangan fungsional adalah pangan (segar/olahan) yang mengandung komponen bermanfaat untuk meningkatkan fungsi fisiologis tertentu dan atau mengurangi risiko sakit berdasarkan kajian ilmiah, Pangan fungsional harus menunjukan manfaatnya dengan jumlah yang bisa dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehari hari. Peranan pangan fungsional salah satunya adalah mengatasi berbagai macam penyakit degenerative. Penyakit degeranit seperti diabetes, jantung coroner, hipertensi, dan lain-lain dapat diatasi dengan cara pencegahan dan pengobatan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi pangan fungsional kita dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif.

Selamat hari pangan sedunia tahun 2021!