You are currently viewing Program Studi Teknologi Pangan Gelar Kuliah Tamu dengan PT. Sinar Pematang Mulia 2

Program Studi Teknologi Pangan Gelar Kuliah Tamu dengan PT. Sinar Pematang Mulia 2

Program Studi Teknologi Pangan, Institut Teknologi Sumatera (Prodi Tekpang ITERA) gelar kuliah tamu untuk mata kuliah Teknologi Pati pada Selasa, 2 November 2021. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang ditawarkan pada semester ganjil di Prodi Tekpang Itera. Mata kuliah teknologi pati membahas mengenai ilmu-ilmu dasar mengenai struktur pati, teknologi ekstraksi pati, modifikasi pada pati serta aplikasi pati terutama di bidang pangan. Mata kuliah ini diampu oleh tiga dosen, diantaranya 1 dosen luar biasa yang berasal dari IPB yaitu Prof.Dr.Ir Titi Candra Sunarti, M.Si.

Pembelajaran teknologi pati kali ini mendatangkan Bapak Bambang Priyanto, S. T. P untuk memberikan kuliah tamu selama kurang lebih satu jam kepada mahasiswa. Saat ini, beliau menjabat sebagai Manager Quality Assurance dan Productivity PT. Sinar Pematang Mulia 2 (SPM 2). Industri ini memproduksi tapioka untuk berbagai kebutuhan baik, sebagai pangan maupun non pangan.

Kuliah tamu yang diselenggarakan pada Selasa, 2 November 2021 ini membahas tentang aplikasi pati alami dan termodifikasi pada industri pangan, terutama berkaitan dengan pati dari ubi kayu. Tapioka merupakan salah satu jenis pati yang sangat banyak pemanfaatnya baik di ranah pangan mapun non pangan. Pak Bambang mengatakan bahwa pati alami yang diproduksi oleh PT. SPM 2 sudah banyak digunakan untuk pembuatan pilus, bawang goreng pada mie, bahkan kertas HVS. Selain itu, dalam kuliah tamu ini dibahas pula terkait proses ekstraksi pati yang diterapan di PT SPM 2. Proses ekstraksi pati yang digunakan pada PT. SPM 2 merupakan jenis ekstraksi basah dengan berbagai peralatan industry canggih yang menghasilkan pati berkualitas baik.

Mahasiswa mata kuliah teknologi pati sangat antusias terhadap kuliah tamu yang diadakan. Mahasiswa bertanya berbagai hal kepada pak Bambang selaku narasumber, mulai dari proses ekstraksi pati di PT. SPM hingga aplikasi tapiokanya.

Kuliah tamu ini diselenggarakan untuk memperdalam aspek pengaplikasian keilmuan mahasiswa, terutama di ranah industri.