You are currently viewing Tindak lanjut kerja-sama, Program Studi Teknologi Pangan kunjungi PT Louis Dreyfus Company

Tindak lanjut kerja-sama, Program Studi Teknologi Pangan kunjungi PT Louis Dreyfus Company

Program Studi Teknologi Pangan lakukan kunjungan industri sekaligus diskusi mengenai kerjasama MBKM ke PT. Louis Dreyfus Company (PT LDC)  yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta, Way Lunik, Panjang. Kunjungan dilakukan pada Senin, 29 November 2021. PT. LDC merupakan perusahaan multinasional yang telah beroperasi di Argentina, Amerika Selatan, Jerman, dan Amerika Serikat. Perusahaan ini di Indonesia bergerak di bidang pertanian untuk membawa produk Indonesia ke pasar Internasional serta memasok produk Internasional ke Indonesia. Produk pertanian yang diolah antara lain adalah kelapa sawit, kopi, biji-bijian serta kapas. PT. LDC di Indonesia terletak di beberapa daerah antara lain di Lampung, Sumatera Selatan, Balikpapan, dan Kalimantan Timur. Prodi Teknologi Pangan melakukan kunjungan sekaligus diskusi mengenai kerjasama MBKM di PT.LDC yang berperan dalam refinery minyak kelapa sawit dan biodiesel.

Kunjungan industri yang dilakukan oleh dosen ke PT. LDC untuk melihat proses pengolahan minyak kelapa sawit mulai dari CPO hingga fraksi olein dan stearin serta pengolahan biodiesel. Proses yang berjalan di PT. LDC baik refinery kelapa sawit ataupun biodiesel sudah sepenuhnya menggunakan kontrol pada mesin. Hal ini dilakukan agar menimilasir adanya human eror pada proses produksi. Masing-masing proses menggunakan satu operator yang mengontrol semua mesin proses produksi tersebut.

Program studi Teknologi Pangan ITERA akan menjalin kerjasama dengan PT. LDC terkait program magang mahasiswa yang mendukung pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Magang yang akan dilakukan oleh mahasiswa ke PT. LDC akan dijalankan selama kurang lebih 6 bulan. Mahasiswa harus melakukan berbagai prosedur yang telah ditetapkan oleh PT. LDC terkait persyarakatan magang di perusahaan.

Prodi memaparkan berbagai pembelajaran yang akan diekuivalensikan dengan mata kuliah teknologi pangan. Mulai dari soft skill hingga hard skill yang akan didapatkan selama program magang di PT. LDC berlangsung. PT. LDC mengharapkan mahasiswa prodi Teknologi Pangan yang akan magang merupakan mahasiswa berkompeten dan bertanggung jawab dengan program magang tersebut. Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang sudah didapatkan selama perkuliahan ke dalam program magang.

 

Leave a Reply