You are currently viewing Tingkatkan mutu dosen dan kurikulum, dosen Teknologi Pangan ikuti uji kompetensi Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan

Tingkatkan mutu dosen dan kurikulum, dosen Teknologi Pangan ikuti uji kompetensi Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan

Seluruh dosen Program Studi Teknologi Pangan (PSTP) ITERA mengikuti uji kompetensi bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan (LSP JMKP). Kegiatan ini dilaksanakan pada 27 November 2021 secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh 5 dosen untuk skema kluster Hazard Analytical Critical Control Point (HACCP) dan 4 dosen untuk skema Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB). Kegiatan merupakan luaran dari Indikator kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU PTN) dalam mengembangkan dosen yang memiliki sertifikasi uji kompetensi dan menunjang kegiatan perkuliahan.

Pengembangan dosen PSTP ITERA yang memiliki serifikasi uji kompetensi juga menjadi langkah awal dalam pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dimana dosen dapat magang dan membantu industri. Pengembangan kurikulum pada salah satu mata kuliah yaitu regulasi dan keamanan pangan juga dapat dilakukan dengan adanya sertifikasi uji kompetensi ini. Menurut Amalia Wahyuningtyas S.Si, M.Sc selaku koordinator PSTP ITERA menyampaikan bahwa “Harapannya dengan uji kompetensi ini menjadi modal berharga para dosen PSTP ITERA untuk mengembangkan kegiatan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”.

Kegiatan uji kompetensi ini juga menjadi tindak lanjut dari proses penjajakan kerjasama antara PSTP ITERA dengan LSP JMKP dalam mengembangkan kurikulum dan profil lulusan PSTP. “Harapannya kedepan mahasiswa PSTP ITERA telah memiliki beberapa sertifikasi Uji Kompetensi setelah lulus perkuliahan dan siap masuk ke dunia pasca kampus” Sambung Ilham Marvie, S.TP, M.Si selaku PIC Kerjasama ITERA dan JMKP. Selanjutnya PSTP ITERA akan terus berkomitmen dalam mengembangkan dosen, mahasiswa dan tendiknya dalam berbagai sertifikasi uji kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. PSTP ITERA akan terus melakukan pengembangan Kerjasama tidak hanya kepada LSP namun juga Lembaga pelatihan dan industri untuk mendorong pelatihan yang sesuai dengan berbagai sertifikasi uji kompetensi yang ada saat ini. (ILM/Humas Tekpang ITERA)