You are currently viewing Program Studi Teknologi Pangan, Institut Teknologi Sumatera (Prodi Tekpang ITERA) gelar Webinar pada tanggal 19 November 2021 dengan tema “Halal Food 101 : Regulation and Current Research”

Program Studi Teknologi Pangan, Institut Teknologi Sumatera (Prodi Tekpang ITERA) gelar Webinar pada tanggal 19 November 2021 dengan tema “Halal Food 101 : Regulation and Current Research”

Jumat, 19 November 2021. Pada webinar ini menghadirkan para Narasumber yang ahli dibidangnya yaitu Narasumber 1 : Dr. Ir. Yaktiworo, M. Sc (Director of LPPOM MUI, Lampung 2016-2021) dan Narasumber 2 : Dr. Rer. Nat. Noviyan Darmawan, M. Sc (Executive Secretary of Halal Sains Center , IPB).

Dr. Ir. Yaktiworo, M. Sc (Director of LPPOM MUI, Lampung 2016-2021) membahas tentang Regulasi Pangan Halal dan Manual Sistem Produk Halal. Ibu Yakti mengatakan bahwa mengonsumsi pangan yang halal sangat penting karena merupakan perintah dari Allah SWT, menjauhkan diri dari bujukan syaiton (maksiat), dan ciri muslim yang beribadah kepada Allah SWT. Terdapat 11 kriteria system jaminan halal yaitu kebijakan halal, tim manajemen halal, pelatihan dan edukais, bahan, produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis untuk aktivitas kritis, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria, mampu telusur (traceability), internal audit, dan Kaji Ulang Manajemen (Management Review).

Bapak Dr. Rer. Nat. Noviyan Darmawan, M. Sc (Executive Secretary of Halal Sains Center , IPB) membahas tentang Perkembangan Riset  Metode Analisi Kehalalan Produk Pangan. Bapak Noviyan mengatakan bahwa banyak merode autentifikasi yang dapat digunakan untuk melihat kehalalan suatu produk misalnya untuk melihat DNA dan protein dengan PCR dan elisa.

 

Leave a Reply