You are currently viewing Program Studi Teknologi Pangan Itera Mengadakan Workshop Aplikasi Meta Analisis untuk Riset Teknologi Pangan

Program Studi Teknologi Pangan Itera Mengadakan Workshop Aplikasi Meta Analisis untuk Riset Teknologi Pangan

Lampung Selatan (28/08/2021), Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengadakan workshop meta analisis. Pelatihan ini diberikan kepada seluruh dosen program studi teknologi pangan Itera dan mengundang perwakilan dari sub jurusan Teknologi Produksi dan Hayati, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri. Pelatihan ini diberikan oleh Dr. Frendy Ahmad Afandi, S.T.P, M.Sc.  Dr. Frendy merupakan lulusan Program Doktor Ilmu Pangan Institut Pertanian Bogor yang saat ini bekerja di Kementrian Ekonomi dan Koperasi Republik Indonesia.

Penelitian meta analisis merupakan solusi dari penelitian yang dapat dilakukan dalam kondisi pademi covid 19 di Indonesia. Kembali meningkatnya kasus positif covid-19 khususnya varian delta menjadikan aktivitas penelitian dilaboratorium menjadi terbatas. Penelitian yang berbasis data sekunder dengan pendekatan statistika ini menjadi solusi untuk melakukan penelitian berkualitas di kondisi serba sulit ini. Penelitian dikenal sebagai systematic review dengan metode meta analisis ini termasuk kedalam penelitian sintesis yang merupakan tingkatan tertinggi dalam taksonomi bloom. Penelitian meta analisis ini dapat menunjukkan kebaruan (novelty) dari suatu fenomena yang disusun dari data-data hasil penelitian. Sudah banyak jurnal meta analisis yang dipubikasi pada jurnal internasional bereputasi terideks scopus Q1.

Menurut Dr Frendy “Penelitian meta analisis menjadi peluang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi bagi dosen di Indonesia, khususnya Itera dalam publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi”. Dr Frendy menambahkan bahwa “penelitian meta analisis ini sejah dahulu sudah banyak diaplikasikan pada bidang kedokteran, saat ini metode ini mulai banyak diaplikasikan dibidang teknologi pangan”.

Pada pelatihan ini juga dilakukan simulasi ekstraksi data dari jurnal dan pengolahan data menggunakan aplikasi Microsoft excel. Data yang sudah diolah analisis dengan aplikasi opun source openMEE. Selain itu ada beberapa aplikasi lainnya metessensial dan R studio. Dr. Frendy juga menyampaikan cara untuk mengintepretasi hasil pengolahan data untuk dijadikan hasil penelitian yang akan dipublikasikan. Menurut salah satu peserta yaitu Dr. Aditya “Penelitian meta analisis ini terlihat sederhana, akan tetapi memerlukan ketelian dan ketekunan untuk melakukannya”.

Amaliya Wahyuningtyas sebagai Koordinator Program Studi Teknologi Pangan Itera mengatakan bahwa “Workshop ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh dosen-dosen Teknologi Pangan Itera untuk meningkatkan publikasinya”. Penelitian dengan metode meta analisis dapat mendukung tercapainya roadmap penelitian kelompok kelimuan di program studi dan Itera baik untuk mendukung kepeloporan, hilirisasi potensi sumber daya alam yang ada di pulau sumatera dan mewujudkan ITERA for sumatera.