You are currently viewing Teknologi Pangan ITERA Aplikasikan Sanitasi dan Kemasan ke Tusuk Bakso di Lampung Timur

Teknologi Pangan ITERA Aplikasikan Sanitasi dan Kemasan ke Tusuk Bakso di Lampung Timur

Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera berhasil melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di UMKM Arjuna, Lampung Timur. Pelaksanaan dilaksanakan berdasarkan hibah PkM ITERA tahun 2021 dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITERA  yang diperoleh oleh Program Studi Teknologi Pangan.

UMKM yang terletak di  Desa Karang Anyar, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Tmur menjadi sasaran kegiatan PkM lantaran bergerak di bidang yang terkait dengan pangan, yaitu pembuatan tusuk bakso, namun masih terkendala dalam sanitasi dan kemasannya “UMKM Arjuna ini memproduksi tusuk bakso, tetapi belum memiliki kemasan dan memungkinkan kontaminasi mikroba, sehingga perlunya penerapan teknologi sanitasi menggunakan bahan mikroba alami” terang Syahrizal Nasution, ketua pelaksana kegiatan PkM.

Sebagai salah satu upaya penggunaan bahan alami sebagai anti mikrobia, terutama kapang dan jamur pada tusuk bakso, digunakanlah ekstrak daun pepaya yang diolah menjadi spray untuk mempermudah aplikasi pada tusuk bakso. Sebagai pelengkap, tim PkM juga memberikan solusi pengemasan untuk meningkatkan daya tarik dari konsumen pengguna tusuk bakso, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan tusuk bakso tersebut. Selain itu juga diharapkan, dengan adanya kemasan ini, tusuk bakso menjadi lebih tahan lama dan higienis selama proses penyimpanan dan distribusi.

 

PkM ini merupakan kelanjutan dari program tahun lalu. Saat itu, diaplikasikan mesin untuk pembuatan tusuk bakso. “Tahun lalu kami menerapkan mesin 3 in 1 dalam pembuatan tusuk bakso ini, sehingga tahun ini kami mengembangkan aspek sanitasi dan kemasan tusuk baksonya,” tandas Sayhrizal.

Seperti diketahui, saat ini ITERA senantiasa berusaha pengambil peran dalam penerapan teknologi kepada masyarakat, terutama melalui Program Penelitian dan PkM. Dengan demikian, diharapkan ITERA dapat membantu masyarakat dan UMKM untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Selain itu, ITERA menekankan keterlibatan mahasiswa agar dapat mempelajari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka pelajari di perkuliahan.