You are currently viewing Dua Mahasiswa Teknologi Pangan Itera presentasi hasil penelitiannya di Icositer ITERA 2021

Dua Mahasiswa Teknologi Pangan Itera presentasi hasil penelitiannya di Icositer ITERA 2021

Kamis, 30 September 2021, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan kegiatan International Confrence on Science, Infrastructure Technology and Regional Development (ICOSITER) 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh pemateri-pemateri yaitu profesor yang berasal dari perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri seperti Prof.Yusaku Fujii (Gunma University, Japan), Prof. Dr-Ig. Hendro Wicaksono (Jacobs University, German), Prof. Hadi Susanto (Khalifa University, Abu Dabi), Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana (Universitas Gadjah Mada, Indonesia), Assoc. Prof. Dr. Mohammad Hanif Md Sa’ad (Universitas Kebangsaan Malaysia, Malaysia), dan Assoc. Prof. Dr. Hanizam bt Awang, Malaysia).

Mahasiswa maupun dosen yang telah melakukan penelitian, berkesempatan untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk prosiding dalam kegiatan Icositer 2021. Dua mahasiswa Teknologi Pangan ITERA yaitu Nuzul Aminy dan Cindi Ferika Putri berkesempatan untuk mempersentasikan hasil penelitiannya yang merupakan bagian dari hibah penelitian kolaborasi (Penentuan Umur Simpan dan Keamanan Pangan Keripik Buah UMKM di Lampung Timur), dengan judul “The Making Process and Yield Value of Vacuum Fried Chips of Banana, pineapple and Jackfruit” dan “The Total Plate Count and Escherichia Coli Contamination on Vacuum Fried Chips of Pineapple, Jackfruit and Banana.”

Persentasi di kegiatan Icositer ini merupakan pengalaman pertama bagi kedua mahasiswa Teknologi Pangan tersebut. Nuzul selaku persentator menyanpaikan bahwa “Persentasi dalam kegiatan Internasional seperti ini merupakan hal yang sangat membanggakan, kami dapat menjelaskan hasil penelitian kami ke khalayak umum dan dapat berdiskusi terkait penellitian yang disampaikan. Hal ini merupakan kebanggan tersendiri bagi saya. Saya berharap untuk mahasiswa yang mempunyai kesempatan dapat mempersentasikan penelitiannya di kegiatan Icositer.”
Adapun cindi selaku persentator lain menambahkan bahwa “Mengikuti sebuah kegiatan internasional tentu merupakan hal yang sangat menarik, dapat melakukan persentasi yaitu menyampaikan hasil penelitian yang telah dilakukan secara internasional adalah pengalaman baru bagi saya yang cukup menantang dan membanggakan karena selain dapat menambah pengalaman baru juga dapat melatih publik speaking menjadi lebih baik. Saya sangat berharap untuk para mahasiswa/i lain juga dapat termotivasi untuk mengambil pengalaman yang sangat baik ini dengan dapat menyampaikan hasil penelitian nya dalam sebuah conference internasional seperti icositer”.

Dengan megikuti kegiatan icositer, presentator dapat berdiskusi dengan presentator lain yang beragam sehingga menambah wawasan serta dapat menerbitkan hasil penelitiannya dalam bentuk prosiding internasional, bahkan beberapa makalah terpilih juga berkesempatan akan diterbitkan di jurnal bereputasi.