You are currently viewing Program Studi Teknologi Pangan ITERA Sosialisasikan Pengenalan Bahaya dan Pemanfaatan Mikroba dalam Proses Pengolahan Pangan kepada Siswa SMAN 1 Pringsewu

Program Studi Teknologi Pangan ITERA Sosialisasikan Pengenalan Bahaya dan Pemanfaatan Mikroba dalam Proses Pengolahan Pangan kepada Siswa SMAN 1 Pringsewu

Kamis, 31 Maret 2022 Dosen dan Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk sosialisasi kepada 68 orang siswa/I kelas XI SMAN 1 Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. Dalam kegiatan tersebut, tim mensosialisasikan pemanfaatan mikroba dalam proses pengolahan pangan disertai pendampingan pembuatan yoghurt.

Kegiatan pengabdian ini diawali dengan pembukaan oleh dosen Program Studi Teknologi Pangan ITERA, Ilham Marvie, S.T.P., M.Si. kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh bapak Drs. Fauzi Irwan Junjungan, M. Pd. selaku WK Humas SMAN 1 Pringsewu. Sesi selanjutnya diisi oleh Ilham Marvie, S.T.P., M.Si. yang memaparkan mengenai pengenalan program studi Teknologi Pangan ITERA. Kemudian dilanjutkan oleh Yosi Syafitri, S. Pt., M. Si. yang memaparkan tentang pemanfaatan mikroba dalam proses pengolahan pangan, dengan fokus utama mengenai macam-macam makanan fermentasi seperti yogurt dan tempe. Setelah dilakukan pemaparan, acara dilanjutkan dengan demo pembuatan yogurt yang dijelaskan oleh Syahrizal Nasution, S. Pt., M. Si. dengan partisipasi beberapa siswa/i yang ingin mencoba proses pembuatan yogurt yang sederhana.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan sesi diskusi serta tanya jawab. Siswa/i SMAN 1 Pringsewu sangat antusias dalam sesi kali ini. Siswa/i mengulik lebih dalam mengenai proses pembuatan yogurt dan mikroba yang berperan dalam proses pembuatan yogurt. Siswa/i juga ikut berpartisipasi dalam pembuatan yoghurt dan ikut mereview yogurt yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, ITERA.

Leave a Reply