You are currently viewing Teknologi Pangan ITERA lakukan pelatihan dan pengabdian pada UKM di Bandar Lampung

Teknologi Pangan ITERA lakukan pelatihan dan pengabdian pada UKM di Bandar Lampung

Tim dosen program studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berkolaborasi dengan program studi Desain Komunikasi Visual ITERA, telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di UKM Pempek Unyil, Way Halim, Bandar Lampung. Tim yang beranggotakan Hesti Ayuningtyas Pangastuti, Lasuardi Permana, Amalia Wahyuningtyas, dan Arif Budiman yang diketuai oleh Dina Fithriyani ini memberikan pelatihan mengenai Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) dan juga usaha peningkatan branding UKM. PkM ini dapat terlaksana dengan dukungan berupa hibah Pengabdian kepada Masyarakat ITERA tahun 2021 dari LPPM ITERA.

UKM UKM Pempek Unyil berlokasi di Jl. Gn. Rajabasa Raya, Way Halim, Bandar Lampung. UKM ini memiliki 7 cabang yang tersebar di Bandar Lampung. Dengan manajemen dan produksinya yang berjalan masing-masing, UKM Pempek Unyil memiliki beberapa kendala di antaranya proses produksi yang sangat lama, belum memiliki s-PIRT serta perlu dilakukan perbaikan pada kemasan berupa peningkatan branding dengan penggunaan label kemasan.

Selain itu,dalam kegiatan ini tim dosen Teknologi Pangan ITERA juga berusaha menerapkan teknologi tepat guna berupa mesin mixing dengan tujuan mengefisiensikan waktu pengolahan pempek. Dibantu tiga orang mahasiswa Teknologi Pangan ITERA yaitu Annida, Humaira dan Oksifa,  evaluasi pemenuhan elemen CPPB-IRT dilakukan dengan cara melakukan kunjungan langsung dan wawancara. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan tersebut, tim dosen memberikan rekomendasi awal perbaikan kualitas produk diikuti pendampingan CPPB-IRT.

Selain memperhatikan aspek efisiensi dan keamanan pangan, tim dosen memberikan kontribusinya dengan rebranding produk UKM Pempek Unyil dengan membuat desain kemasan dan logo yang telah disepakati. Pelabelan usaha bertujuan untuk membangun branding yang kuat bagi UKM Pempek Unyil agar semakin dikenal masyarakat luas.