You are currently viewing ITERA Sepakati Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan PT LDC Indonesia

ITERA Sepakati Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan PT LDC Indonesia

Selasa, 28 September 2021, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan audiensi dan penandatanganan Kerjasama (MoU) dengan PT. Louis Dreyfus Company (LDC) Indonesia. Perusahaan perdagangan dan pengolahan produk-produk pertanian ini menyepakati kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarkat. Sebelumnya proses Kerjasama ini telah dimulai dengan inisiasi yang dilakukan oleh program Studi Teknologi Pangan ITERA dengan PT LDC Indonesia unit Lampung bulan juni 2021. Proses komunikasi yang intensif ini juga melibatkan beberapa program studi yang mendukung kebermanfaatan kerjasama antara institusi pendidikan dan industri ini.

Perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Swiss ini mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1999.  PT. LDC Indonesia saat ini terus melakukan ekspansi di beberapa wilayah seperti Bandar lampung, Balikpapan dan Jakarta. Khusus untuk Bandar Lampung, PT. LDC Indonesia fokus pada unit usaha penyulingan minyak sawit, pabrik biodiesel, stasiun penyimpangan ISAB dan pelabuhan, serta fasilitas pemrosesan dan gudang kopi robusta lampung. Komitmen dalam keberlanjutan bisnis, pengembangan sumber daya dan pemberdayaan masyarakat menjadi semangat dalam kerjasama ini.

Kegiatan audiensi dan penandatangan MOU ini dihadiri oleh Rubens Marques selaku President Director LDC in Indonesia. Pada sesi sambutan yang disampaikan oleh Rubens Marques berpesan bahwa “Kerjasama ini sangat penting bagi LDC dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berasal dari Lampung dalam mengembangkan LDC di Provinsi Lampung, selain itu Kerjasama ini diharapkan juga mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”.

Prof. Dr. Sukrasno, M.S selaku Wakil Rektor Non Akademik ITERA yang turut hadir pada acara ini. Beliau  menyampaikan harapannya bahwa “Kerjasama ini berpotensi untuk terus dikembangkan dalam kegiatan magang mahasiswa merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), pengembangan program beasiswa, hingga pengembangan pusat riset kopi, kelapa sawit, dan hasil perkebunan lainnya”.

Selanjutnya baik Itera dan PT.LDC Indonesia akan melanjutkan kerjasama ini dalam perjanjian kerjasama untuk membahas pelaksanaan kegiatan magang merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa ITERA selama 6 hingga 12 bulan. PT.LDC Indonesia juga membuka kesempatan untuk kegiatan tugas akhir, kuliah tamu dari praktisi industri, hingga kunjungan industri yang dapat mendukung program Pendidikan di ITERA.