You are currently viewing Kunjungan Industri Praktikum Sanitasi dan Penanganan Limbah di PT. Bumi Menara Internusa (BMI) Tanjung Bintang

Kunjungan Industri Praktikum Sanitasi dan Penanganan Limbah di PT. Bumi Menara Internusa (BMI) Tanjung Bintang

Pada Selasa, 06 Desember 2022, Program Studi Teknologi Pangan – Institut Teknologi Sumatera (PSTP-ITERA) mengadakan kunjungan ke PT BMI Tanjung Bintang di Jl. Insinyur Sutami No.16, Sukanegara, Kec. Tj. Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35361. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Praktikum Sanitasi dan Penanganan Limbah yang membahas tentang pentingnya menerapkan sanitasi dan hygiene di industri, lingkungan, dan personal, serta penanganan limbah agar tidak merusak lingkungan. PT BMI Tanjung Bintang menyambut baik kunjungan dari PSTP-ITERA dan berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang teknologi pangan.

PT BMI Tanjung Bintang merupakan salah satu industri yang berkomitmen untuk menyediakan makanan laut berkualitas tinggi. Dengan sekitar 90% produknya diekspor ke Amerika Serikat dan 10% sisanya untuk permintaan dari Jepang dan Eropa, perusahaan ini memiliki andil yang sangat besar dalam pasar internasional.

Selama kunjungan industri, dosen dan mahasiswa dari PSTP-ITERA diperkenankan untuk mengunjungi line produksi PT BMI Tanjung Bintang dan mengetahui konsep sanitasi hygiene yang diterapkan oleh perusahaan. Mereka juga diperkenankan untuk mengetahui tata cara dan proses pengolahan limbah cair yang diambil dari sisa penggunaan air selama proses produksi, sehingga air tersebut aman untuk dikembalikan ke lingkungan.

Kunjungan industri ini merupakan cara untuk mengkombinasikan materi yang telah didapat di matakuliah dan praktikum dengan kondisi nyata di industri. Selama kunjungan, dosen dan mahasiswa dibimbing oleh Ibu Friska (untuk bagian line produksi) dan Bapak Hengki untuk sistem pengolahan limbah industri. Melalui kunjungan ini, mahasiswa dapat belajar langsung tentang implementasi sanitasi dan penanganan limbah di industri pangan, serta mendapatkan pengalaman yang bermanfaat untuk masa depan mereka.

 

 

 

 

Leave a Reply