Jaga Kesehatan Gizi dan Mental Mahasiswa, Teknologi Pangan Adakan Studium Generale
Materi Pertama - dr Putri

Jaga Kesehatan Gizi dan Mental Mahasiswa, Teknologi Pangan Adakan Studium Generale

LAMPUNG SELATAN (27/02/2021) – Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan Studium Generale dengan tema “Pangan Bergizi dan Kesehatan Mental Mahasiswa di Era Pandemi”, Sabtu 27 Februari 2021. Seminar ini dilakukan melalui platform zoom. Koordinator Program Studi Teknologi Pangan ITERA, Hesti A. Pangastuti S.TP., M.Sc menyampaikan dalam sambutannya bahwa sangat penting untuk menyadari kesehatan mental pada diri sendiri karena merupakan modal kita untuk bertahan khususnya di masa pandemi ini.

Materi Pertama – dr Putri

Studium Generale kali ini menampilkan dua orang pembicara yaitu dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, sp.GK dan Anggi Mayangsari, M.Psi., Psikolog. Kedua pembicara tersebut merupakan ahli atau spesialis di bidang pangan bergizi dan kesehatan mental. “Ada hubungan antara kualitas asupan gizi sehari-hari dengan kesehatan mental kita. Jadi tentunya kita harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta dengan porsi atau dosis yang sangat tepat. Agar kita kesehatan mental dan tubuh kita selalu baik dan optimal hingga jangka panjang.”, ujar Putri pada materi pertama. Putri juga menerangkan bahwa asupan gizi terbaik adalah Whole Food yang ada pada seluruh makanan yang tidak dilakukan proses lanjut seperti junk food.  

    Materi kedua disampaikan oleh Anggi Mayangsari dengan judul “Kesehatan Mental pada Manusia”. Anggi menyampaikan bahwa depresi dan kecemasan merupakan masalah kesehatan mental yang paling banyak dialami oleh mahasiswa, yang terjadi karena banyak kekhawatiran dan ketakutan akan keadaan yang terjadi selanjutnya. Anggi juga menjelaskan bahwa mental yang tidak selalu sehat secara optimal merupakan yang wajar, sama seperti halnya fisik yang terkadang bisa merasa capek atau tidak enak badan. Cara menjaga kesehatan mental kita yaitu dengan kita mampu mengenali diri, mencintai diri sendiri dan ada waktu untuk ‘me time’. 

Studium generale kali ini pun dihadiri oleh mahasiswa dari institusi dan universitas yang berbeda dengan total pendaftar mencapai lebih dari 600 orang. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki ketertarikan dalam mengetahui dan memahami tentang pentingnya asupan gizi dan kesehatan mental. Harapannya mahasiswa dapat lebih aware dan paham dalam menjaga kondisi tubuh dan mental agar tetap sehat dan optimal.  (MRR)