Owner El’s Coffee Sampaikan Tantangan Berbisnis Kopi

Owner El’s Coffee Sampaikan Tantangan Berbisnis Kopi

Program Studi Teknologi Pangan ITERA telah mengadakan Studium Generale dengan tema “Peluang dan Tantangan Bisnis Kopi Di Indonesia” pada Selasa (29/9). Studium Generale dilakukan secara daring via ZOOM dan Live YouTube

Narasumber yang hadir yaitu Elkana Arlen Riswan, Founder EL’S COFFEE dan Kopi Ketje. Pada acara tersebut, Elkana menceritakan dan berbagi pengalaman seputar peluang dan tantangan yang Ia alami selama 6 tahun berbisnis kopi. Menurut Elkana, peluang dari bisnis kopi ini adalah mudah mengikuti tren pada konsep bisnis yang digandrungi masyarakat. Di samping itu, Lampung merupakan daerah penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia sehingga bahan baku mudah sekali diperoleh.

Kegiatan yang dihadiri oleh 206 peserta ini mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari para peserta. Peserta mendapatkan kesempatan langsung untuk bertanya maupun berdiskusi tentang bagaimana memulai dan mempertahankan bisnis terutama bisnis di bidang kuliner. Elkana juga menyampaikan tentang 3 kunci sukses agar dapat “survive” dalam berbisnis, yaitu inovasi, lokasi. dan kolaborasi.

Selain peluang, Elkana juga menyampaikan tantangan berbisnis kopi. Menurut Elkana, tantangan dalam berbisnis kopi adalah tidak semua orang bisa mengkonsumsi kopi sehingga Ia harus lebih fleksibel dalam menyusun menu di kafe yang Ia miliki. “Karena tidak semua orang suka kopi, saya tidak hanya menjual menu kopi saja, tetapi ada menu yang lain seperti minuman yang berbasis susu, cokelat, teh, serta inovasi minuman dan makanan lainnya”, ujarnya.

Tema Studium Generale kali ini dibuat untuk menciptakan semangat Mahasiswa ITERA dalam membangun bisnis, terutama bisnis di bidang pangan. Di tengah lapangan pekerjaan yang semakin sempit, mahasiswa diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri setelah lulus nanti. (DTM)