Menggali Informasi Mengenai Peran Mikrobiologi Melalui Kuliah Umum

Menggali Informasi Mengenai Peran Mikrobiologi Melalui Kuliah Umum

Lampung (30/3) – Program studi Teknologi Pangan telah melaksanakan Kuliah Umum berjudul “Peran Mikrobiologi dalam Pengolahan Pangan dan Industri” bersama Dr. Ir. Muhammad Nur Cahyanto, M.Sc, dosen dan pakar mikrobiologi dari Universitas Gadjah Mada pada Sabtu (30/3). Dalam pertemuan tersebut, Beliau menyampaikan bahwa mikrobiologi memiliki dua peran yang bertolak belakang, yaitu merugikan dan menguntungkan. Sebagai mikrobia yang merugikan, ia dapat menyebabkan penyakit, serta membuat bahan pangan cepat busuk.

“Sedangkan, pemanfaatan mikrobia yang baik sudah mulai dilaksanakan di industri, misalnya dalam fermentasi pangan, produksi protein sel tunggal, pengolahan limbah, serta produksi bahan kimia dalam bidang industri, misalnya industri kimia atau farmasi,” ujar Beliau.

Sebagai fermentasi pangan, pemanfaatan mikrobia sudah sangat luas. Banyak makanan tradisional di Indonesia dan Sumatera khususnya yang menggunakan proses fermentasi dalam pembuatannya. “Di Sumatera, kita punya dadih dan tempoyak,” Beliau menjelaskan.

Adanya kuliah umum yang dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa dari berbagai program studi tersebut membuka wawasan baru mengenai pentingnya mikrobia, makhluk hidup kecil yang tidak terlihat mata namun memiliki dampak yang besar bagi kehidupan manusia (HAP).

Leave a Reply

Close Menu
Close Panel