You are currently viewing Prodi Teknologi Pangan Adakan Studium Generale dengan Menghadirkan Alumni yang Bertemakan “Introduction of Quality Control in Food Industry”

Prodi Teknologi Pangan Adakan Studium Generale dengan Menghadirkan Alumni yang Bertemakan “Introduction of Quality Control in Food Industry”

Pada tanggal 5 Mei 2024, Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan kegiatan Studium Generale dengan tema “Introduction of Quality Control in Food Industry”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus memperkenalkan kepada mahasiswa Institut Teknologi Sumatera mengenai Quality Control (QC) di Industri pangan, mengetahui bagaimana QC dapat menjamin kualitas produk pangan dan menetapkan pernyataan kebijakan di industri pangan, mengetahui prospek kerja dan kualifikasi freshgraduate yang dibutuhkan untuk menjadi seorang QC.

Acara Studium Generale ini dibuka oleh MC yaitu Shafira Ayu dan sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Hadi Teguh Yudistira, S.T., Ph.D sebagai Dekan Fakultas Teknologi Industri, dalam sambutannya menyebutkan banyak hal diantaranya bahwa Prodi Teknologi Pangan merupakan Prodi yang aktif dan banyak meraih prestasi, dan harapan-harapan untuk Teknologi Pangan di ulang tahun yang ke-6. Sambutan oleh Dekan menjadi pembuka dari acara Studium Generale. Selanjutnya acara dilanjutkan oleh moderator yaitu Siti Maria untuk memulai penyampaian materi.

Sesi pertama Studium Generale melibatkan dosen Teknologi Pangan yaitu Ibu Lita Lianti, S.T., M.Sc dengan materi “Quality Control (QC) pada Industri Pangan”. Dalam acara tersebut, Beliau menjelaskan bagaimana pengendalian mutu pada industri pangan. Beliau menjelaskan secara detail tentang mutu pangan agar sesuai dengan keamanan pangan dan kandungan gizi pangan.

Pengendalian mutu pangan dilakukan untuk memenuhi standard mutu yang spesifik dan regulasi yang disyaratkan sebelum dirilis  ke konsemen. Menurut beliau, lulusan teknologi pangan tidak hanya di QC, namun peluang besarnya memang di QC.

Sesi kedua melibatkan narasumber Lutfi Maulana, S.T.P yang merupakan alumni dari teknologi pangan ITERA yang lulus pada tahun 2023 dengan materi yang sama yaitu “Quality Control (QC) pada Industri Pangan”. Lutfi menjelaskan terkait sejarah Quality Control. Dalam sejarahnya (1960) pengendalian mutu ini melingkupi  Product Planning, Raw Material dan Finish Good Product.

Quality control sangat penting menurut Lutfi karena pilar dalam sustainability asset and credibility. Selain itu ada pula pengendalian resiko yang dihadapi dapat diidentifikasi menjadi 6 yaitu basic identification, detail identification, conduct external cross-check, conduct internal cross check, finalizing the statement, dan specifying the template. Lutfi menyampaikan hal-hal tersebut perlu diperhatikan.

Sesi ketiga melibatkan narasumber Nina Lutfia Munawaroh, S.T.P yang merupakan alumni teknologi pangan ITERA yang memiliki usaha Humble Donuts. Nina menyampaikan materi Quality Control versi dirinya selama mendirikan Humble Donuts. menurut Nina Quality Control sangat membantu dalam mengidentifikasi masalah yang dapat mempengaruhi kualitas produk untuk mencapai kriteria pangan bermutu yaitu halal, aman, layak dan sesuai selera.

Menurut Nina ada metode yang dapat dilakukan dalam pengendalian kualitas produk yaitu membuat flow proses, membuat Quality Plan, membuat SOP dan IK (Instruksi Kerja), dan laporan serta ceklis monitoring. Empat metode tersebut yang dilakukan Nina dalam membangun Humble Donuts hingga besar seperti ini. Selanjutnya Nina mengisi dengan sesi tanya jawab dengan hadiah voucher Humble Donuts untuk tiga orang yang dapat menjawab.

Pada sesi terakhir yaitu sesi tanya jawab kepada narasumber yang dipandu oleh moderator. Dalam sesi tanya jawab ini dibuka untuk tiga penanya untuk mengefisienkan waktu. Pada pertanyaan awal ditanyakan oleh mahasiswa dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian terkait kiat-kiat mengaplikasikan teori untuk berbisnis, yang dijawab oleh Nina, lalu penanya kedua yaitu mahasiswa dari Teknologi Pangan, terkait bagaimana teknik pengambilan sample di Industri Pangan untuk QC, yang dijawab oleh Ibu Lita. Pertanyaan ketiga sebagai akhir dari sesi tanya jawab terkait bagaimana mendapatkan modal untuk memulai bisnis, yang dijawab oleh Nina, dan dikembalikan dari moderator ke MC. Kemudian diberikan sebuah sertifikat kepada narasumber dari pak Ilham Marvie S.T.P., M.Si selaku koordinator program studi Teknologi Pangan dan dilakukannya foto bersama. Sesi dokumentasi menjadi akhir dari acara Studium Generale.

Leave a Reply