You are currently viewing Prodi Teknologi Pangan Adakan Kuliah Tamu Praktikum Teknologi Pascapanen Bersama Villa Tani Indonesia

Prodi Teknologi Pangan Adakan Kuliah Tamu Praktikum Teknologi Pascapanen Bersama Villa Tani Indonesia

Pada Sabtu, 23 Maret 2024, Program Studi Teknologi Pangan – Institut Teknologi Sumatera (PSTP-ITERA) telah mengadakan Kuliah Tamu bersama Villa Tani Indonesia secara daring dengan Tema Penanganan dan Teknologi Pascapanen yang diterapkan di beberapa unit Villa Tani secara Daring. Kegiatan ini turut diikuti oleh Koordinator Program Studi Teknologi Pangan ITERA Ilham Marvie, S.T.P., M.Si. 

Dilatarbelakangi dengan adanya kegiatan Matakuliah Praktikum Teknologi Pascapanen – Dosen Pengampu Yosi Syafitri, S.Pt., M.Si. dan Syahrizal Nasution, S.Pt., M.Si. dimana salah satu tujuan dari praktikum ini melakukan kunjungan ke salah satu industri pangan yang fokus terhadap penanganan pascapanen komoditas pangan untuk menghasilkan produk raw material yang memiliki kualitas mutu dan daya jual sesuai peminatan pasar.

Villa Tani Indonesia berkomitmen untuk turut Membangun Indonesia melalui pertanian dengan generasi muda sebagai penggerak utama. Villa Tani Indonesia berfokus pada Pertanian Terpadu yaitu pertanian yang terintegrasi dengan Perikanan dan Peternakan mulai dari hulu sampai hilir. Dengan berlandaskan Profesional, Kolaboratif, dan Adaptif dari setiap permasalahan para petani Villa Tani Indonesia telah bermitra dengan petani di berbagai tempat di Indonesia.

Selama kegiatan berlangsung, dosen dan mahasiswa dari PSTP-ITERA mendapatkan pengetahuan berupa materi dan implementasi mengenai penerapan beberapa teknologi penanganan pascapanen pada produk pertanian yang disampaikan langsung oleh Co-Founder & CEO Villa Tani Indonesia M. Fachreza Hakim. Penanganan Teknologi Pascapanen tidak hanya diterapkan pada komoditas pangan melainkan pada pakan ternak. Mulai dari persiapan Silase (Pakan Terfermentasi), Teknologi Sortasi dan Grading komoditas pangan, Teknologi Pencucian Buah dan Sayur, Penggunaan Edible Coating hingga aplikasi Wrapping Produk pada komoditas pangan sebelum dipasarkan pada berbagai pasar modern maupun pasar tradisional di seluruh Indonesia. 

Kuliah Tamu ini merupakan cara untuk dapat memberikan pemahaman materi yang telah didapat di matakuliah serta peminatan terkait kondisi nyata Teknologi Pascapanen di Industri. Diharapkan melalui Kuliah Tamu ini, mahasiswa dapat belajar tentang implementasi teknologi pascapanen di industri pangan, serta mendapatkan gambaran yang memungkinkan menjadi manfaat untuk masa depan mereka.

Leave a Reply