Tingkatkan Keterampilan, TP ITERA Adakan Pelatihan Good Laboratory Practice

Tingkatkan Keterampilan, TP ITERA Adakan Pelatihan Good Laboratory Practice

Lampung – Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berkolaborasi dengan PT. LabMania Indonesia di Bekasi mengadakan acara Pelatihan secara daring dengan topic “Good Laboratory Practice (GLP)” pada hari Senin (6/7). Kegiatan tersebut  diikuti sekitar 150 peserta yang terdiri dari dosen, peneliti, laboran, mahasiswa dan umum. Pelatihan GLP ini mengundang narasumber yaitu Bapak Ivan Sarifudin sebagai instruktur tersertifikasi BNSP dan selaku SR Laboratorium Journey Partner LabMania.

Pada saat acara berlangsung dibuka dengan menayangkan video profil ITERA dan pengenalan mengenai PT LabMania Indonesia. Acara ini kemudian terbagi dalam dua sesi yaitu sesi pertama adalah pemaparan materi oleh narasumber dan sesi kedua adalah diskusi dari para peserta dengan narasumber.

Kegiatan pelatihan Good Laboratoty Practice (GLP) ini membahas tentang persiapan dan hal penting terkait keselamatan kerja saat beraktivitas di dalam Laboratorium. Beberapa materi yang diberikan diantaranya adalah penanganan dan penyimpanan bahan kimia yang benar, identifikasi bahaya pada penggunaan bahan kimia saat di Laboratorium, penanganan bahan kimia incompatible, dan teknik pelabelan yang benar. Peserta pelatihan ini diharapkan dapat menerapkan aplikasi teknik laboratorium yang benar.

Pada sesi kedua, para peserta pelatihan sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan terkait materi yang diberikan oleh narasumber. Banyak dari peserta yang memberikan komentar bahwa materi dari pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para dosen, peneliti, laboran maupun mahasiswa yang notabene terjun langsung untuk berkerja di Laboratrium. Khususnya bagi mahasiswa yang dalam proses pembelajaran harus mengikuti praktikum di laboratorium, dimana mereka harus mematuhi SOP K3 di laboratorium guna menghindari kecelakan kerja, selain itu pengetahuan yang dimiliki dapat bermanfaat bagai mahasiswa saat sudah memasuki dunia kerja. Bagi para peserta dosen, peneliti dan laboran pelatihan ini juga bermanfaat dalam memahami dan menerapkan konsep standarisasi laboratorium untuk penjaminan mutu laboratorium. Salah satu contoh penerapannya yaitu konsep Preventive Maintenance penggunaan bahan dan peralatan laboratorium. Pada saat pelatihan berlangsung, acara pelatihan ini juga dimerakkan dengan kuis berhadiah dan IG challenge bagi perta pelatihan yang bertemakan Keselamatan kerja di laboratorium. Penyelenggaraan pelatihan ini diharapkan memberikan tambahan wawasan terkait konsep Good Laboratory Practice (GLP).

Leave a Reply