Teknologi Pangan ITERA Laksanakan Kunjungan Industri ke PT Sinar Pematang Mulia II

Teknologi Pangan ITERA Laksanakan Kunjungan Industri ke PT Sinar Pematang Mulia II

Lampung – Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera (ITERA), melakukan kegiatan Kunjungan Industri ke PT. Sinar Pematang Mulia (SPM) II di Mataram Udik, Lampung Tengah pada Sabtu (17/11). PT. Sinar Pematang Mulia II merupakan salah satu industri di Bidang Teknologi Pangan yang bergerak pada produksi Tapioka. Kunjungan Industri ke PT Sinar Pematang Mulia II ini merupakan rangkaian dari kegiatan perkuliahan Pengantar Prodi Teknologi Pangan yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan gambaran lebih detail kepada mahasiswa terhadap lingkup kerja dari lulusan Teknologi Pangan yaitu salah satunya di Industri Pangan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknologi Pangan angkatan 2018 yang didampingi oleh 5 orang dosen Teknologi Pangan.

Rombongan Program Studi Teknologi Pangan ITERA disambut oleh Manajer Produksi PT SPM II yaitu Bapak Hengki Candra, Wakil Manajer Produksi yaitu Bapak Bambang Priyanto, Kepala unit Quality Control (QC), kepala unit K3, dan staff-staff produksi PT SPM II lainnya.  Kegiatan diawali dengan Presentasi  dari PT SPM II mengenai Profil Industri dan proses produksi  yang disampaikan oleh Bapak Bambang Priyanto selaku Wakil Manajer Produksi PT SPM II yang dilanjutkan dengan pemutaran video profil dari PT SPM II. Mahasiswa program studi teknologi pangan diberi kesempatan untuk bertanya terkait segala hal terkait perusahaan. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke semua unit di PT SPM II, mulai unit penerimaan bahan baku, ekstraksi pati, pengeringan, pengemasan, Quality Control (QC) produk hingga ke unit IPAL dan pengelolaan limbah yaitu Unit Biogas, dimana limbah produksi tapioka ini diolah menjadi biogas yang dikonversi menjadi energi listrik untuk kebutuhan industri dan proses produksi di PT SPM II ini.

Selama kunjungan lapangan ini, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kloter yang didampingi oleh tour guide dari staff PT SPM II dan setiap mahasiswa dilengkapi dengan helm pabrik untuk penerapan prinsip Keselamatan Kerja (K3). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dengan sangat antusias dimana banyak ilmu dan wawasan baru yang mereka dapatkan dimana sebelumnya belum pernah mereka peroleh sebelumnya tentang Industri Pangan sebagai salah satu lingkup kerja lulusan Teknologi Pangan.

Kegiatan kunjungan industri ini, diakhiri dengan penutupan yang disampaikan oleh PT SPM II dan penyerahan kenang-kenangan dari Program Studi Teknologi Pangan ITERA kepada pihak PT SPM II yang diterima oleh Bapak Hengki Candra selaku Manajer Produksi PT SPM II. Selajutnya sebelum kembali ke ITERA, juga dilakukan foto dokumentasi bersama oleh seluruh mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pangan dengan seluruh Staff PT SPM II. (VF)

Leave a Reply

Close Menu
Close Panel