You are currently viewing Mahasiswa Teknologi Pangan ITERA mengikuti International Food Conference (IFC) 2021

Mahasiswa Teknologi Pangan ITERA mengikuti International Food Conference (IFC) 2021

Rabu, 03 November 2021, Salah satu mahasiswi Teknologi Pangan ITERA yaitu Annisa Saputri atau kerap dipanggil Ica berkesempatan untuk mempersentasikan hasil penelitiannya di International Food Conference (IFC) 2021. Penelitian tersebut merupakan bagian dari hibah penelitian kolaborasi ITERA 2021 (Penentuan Umur Simpan dan Keamanan Pangan Keripik Buah UMKM di Lampung Timur). Penelitian yang dipresentasikan Ica berjudul “Comparison of Proximate Analysis Value of Fresh Fruits and Fruit Chips”. Ica berkesempatan mempresentasikan penelitiannya pada subtema Food Processing dengan tema besar kegiatan conference adalah Innovation Of Food In The New Normal Era.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) adalah penyelengara kegiatan IFC 2021. Kegiatan ini juga menghadiri pemateri-pemateri yaitu profesor yang berasal dari perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri seperti Prof. Emiko Yanase (Gifu University, Japan), Prof. Purwoyatno Haryadi (IPB, Indonesia), Dr. Warapa Mahakarnchanakul (Kasetsart University, Thailand), Prof. Chin-Kun Wang (Chungsan Medical University, Taiwan), Margaretha Indah Epriliati S.TP., M.Si., Ph.D (Widya Mandala Catholic University, Indonesia), dan Dr. Ihab Tewfik (University of Westminster, United Kingdom).

Presentasi di kegiatan International ini merupakan pengalaman pertama bagi mahasiswa Teknologi Pangan tersebut. Ica selaku presenter menyampaikan bahwa “Berpartisipasi dalam kegiatan Internasional seperti ini merupakan suatu kesempatan dan pengalaman yang sangat berharga”. Selaku presenter Ica dapat menyampaikan hasil penelitiannya di depan khalayak umum sekaligus dapat berdiskusi terkait penelitian yang telah dilakukan. Hal ini merupakan suatu tantangan dan kebanggaan tersendiri bagi saya. Saya sangat berharap untuk para mahasiswa atau mahasiswi lainnya juga kelak dapat termotivasi untuk memperoleh pengalaman serta pelajaran yang sangat baik ini dengan menyampaikan hasil penelitiannya dalam sebuah International Conference seperti IFC”.

Dengan megikuti kegiatan International Food Conference, presenter dapat berdiskusi dengan presenter lain yang beragam sehingga dapat menambah wawasan serta mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk prosiding internasional, bahkan beberapa makalah terpilih juga berkesempatan diterbitkan pada jurnal bereputasi.

Leave a Reply