Dosen Prodi Teknologi Pangan ITERA kunjungi UMKM Keripik Darsa di Lampung Timur

Dosen Prodi Teknologi Pangan ITERA kunjungi UMKM Keripik Darsa di Lampung Timur

Dosen Program Studi Teknologi Pangan (PSTP) kunjungu UMKM Keripik Darsa (Dari Desa) di Labuhan Ratu IV, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Keripik Darsa merupakan salah satu UMKM yang memproduksi berbagai macam keripik buah, diantaranya nangka, nanas, dan pisang. Kunjungan dilaksanakan pada 7 November 2020 dalam rangka melihat dan mengamati proses produksi berbagai macam keripik tersebut. Hasil produksi UMKM yang dipimpin oleh Alis Saputra, S.P. ini sudah didistribusikan ke berbagai daerah di pulau Sumatera maupun Jawa. “Rasanya yang renyah, manis dan tidak berminyak menyebabkan banyak orang yang suka dengan keripik Darsa” Ungkap Alis.

Keripik buah disukai karena proses pengolahan keripik dengan alat vacuum frying. Alat ini merupakan salah satu alat penggorengan yang memiliki prinsip keseimbangan suhu dan tekanan vakum. Tekanan vakum di bawah 1 Atm yang digunakan pada alat ini dapat menghasilkan keripik buah dengan karakteristik sensoris yang sangat disukai.

            Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan akan terjalin kerja sama antara UMKM dan PSTP, baik dalam hal penelitian maupun pengabdian masyarakat. “Mudah-mudah diwaktu yang akan datang, kita dapat bekerja sama untuk memecahkan masalah yang ada, baik melalui skema penelitian maupun pengabdian masyarakat” harap Dea Tio Mareta, S.T.P.,M.Sc selaku salah satu dosen PSTP.