Dosen Teknologi Pangan ITERA memberikan pelatihan perencanaan karir untuk mahasiswa IAIN Fattuhul Muluk Jayapura

Dosen Teknologi Pangan ITERA memberikan pelatihan perencanaan karir untuk mahasiswa IAIN Fattuhul Muluk Jayapura

Dosen Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera memberikan pelatihan daring tentang perencanaan karir untuk penerima manfaat Beasiswa SMART Scholarship Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattuhul Muluk Jayapura, Jumat, 8 Januari 2021. Pada dewasa ini, perencanaan Karir sangat penting untuk diketahui sejak diri. Perencanaan karir bukan hanya sekedar cita-cita yang diharapkan namun juga harus direncanakan dengan baik. Perencanaan karir yang baik harus didasarkan oleh pemahaman tentang potensi bakat dan minat yang dimiliki oleh setiap orang, lalu memaksimalkan sistem pendukung dari keluarga, lingkungan kampus serta beasiswa SMART yang mereka dapatkan dari Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) Kantor Wilayah Jayapura. Ilham Marvie yang merupakan ketua TIM pengabdian masyarakat tersebut memberikan pelatihan berdasarkan tes bakat online dengan metode ST-30. Seluruh peserta diberikan praktek dalam penyusunan rencana karir berdasarkan tes bakat tersebut dalam meraih cita-citanya baik sebagai Akademisi, Profesional, Entrepreneur maupun Pekerjaan dibidang sosial.

Salah satu peserta bernama Hasan menunjukkan antusiasnya dengan menceritakan rencana karirnya untuk menjadi pengusaha dengan mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang berada di kampung halamannya di pulau seram provinsi Maluku berupa rempah-rempah dan hasil perikanan. “Setelah mendapat pelatihan ini saya berencana untuk menjadi entrepreneur dengan mempelajari cara mengolah dan mengoptimalkan potensi rempah-rempah serta hasil perikanan tersebut dengan memanfaatkan ilmu yang saya pelajari dari dosen-dosen dikampus” Menurut Hasan ketika ditanya tentang rencana karir apa yang ingin dibuat. “Pelatihan ini sangat tepat untuk diberikan kepada mahasiswa dimana saat ini mereka sudah memasuki semester 4 perkuliahan” menurut Ilham Artian yang merupakan manager YBM BRI kantor wilayah Jayapura

Selanjutnya rencana karir yang dibuat oleh peserta akan dimentoring oleh tim dosen ITERA lainnya yaitu Zada agna thalita dan Tefur nur rohman. Mahasiswa Teknologi Pangan ITERA yaitu mayang dan lutfi juga dilibatkan berbagi pengalamannya dalam membuat rencana karir berdasarkan keilmuan Teknologi Pangan yang sedang mereka jalani saat ini. Pelatihan ini diharapkan menjadi wujud nyata kontribusi ITERA untuk Indonesia khususnya dalam pengembangan SDM pemuda di Jayapura.