Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Mahasiswa Teknologi Pangan Itera

Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Mahasiswa Teknologi Pangan Itera

LAMPUNG SELATAN – Program Studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengadakan Sosialisasi Kurikulum, Tugas Akhir, dan Praktik Kerja Program Studi Teknologi Pangan Itera melalui platform zoom. Sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 22 Januari 2021 dalam rangka menyambut Semester Genap TA 2020/2021 dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Teknologi Pangan dan Tenaga Pendidik di lingkungan Program Studi Teknologi Pangan.

Koordinator Program Studi Teknologi Pangan Itera, Hesti A. Pangastuti S.TP., M.Sc menyampaikan dalam sambutannya bahwa dengan jumlah mahasiswa Teknologi Pangan yang sudah berjumlah 270 mahasiswa dan sudah ada yang mencapai semester 6, diharapkan perkuliahan dapat berjalan lebih baik lagi sesuai tuntutan global, siap memasuki dunia kerja, serta unggul dan berdaya saing.

Materi kurikulum yang disampaikan oleh salah satu dosen Teknologi Pangan Itera, Isnaini Rahmadi, S.T.P., M.Si menyebutkan di Program Studi Teknologi Pangan terdapat Matakuliah Wajib yang berjumlah 144 SKS (MK Wajib TPB 36 SKS), Pembelajaran diluar Program Studi/Perguruan Tinggi berjumlah 20-40 SKS (MBKM), serta Mata Kuliah Pilihan yang disediakan berjumlah 46 SKS. Jumlah SKS minimum yang harus diambil selama menempuh pendidikan di Program Studi Teknologi Pangan Iteraberjumlah 144 SKS dengan jumlah maksimum 160 SKS. Adapun bidang-bidang MBKM yang diakomodir meliputi pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiasn, kegiatan kewirausahaan, studi/proyek independen, serta membangun desa/kuliah kerja nyata tentatif.

Sosialisasi ini juga dijelaskan terkait Tugas Akhir dan Praktik Kerja yang disampaikan oleh salah satu dosen Teknologi Pangan, Zada Agna Talitha, S.T.P., M.Si. Dalam memilih topik tugas akhir, mahasiswa diminta harus menyesuaikan dengan kelompok keilmuan yang terdapat di Program Studi Teknologi Pangan. Adapun Kelompok Keilmuan (KK) tersebut meliputi KK Kimia dan Gizi Pangan, KK Rekayasa Proses dan Pengolahan Pangan, serta KK Mikrobiologi dan Bioteknologi Pangan. Adapun skema Tugas Akhir yang dapat dipilih meliputi penelitian, magang industri, dan kewirausahaan. 

Selain penyampaian Kurikulum Merdeka dan Tugas Akhir, Praktik Kerja juga disampaikan dalam sosialisasi tersebut. Praktik Kerja ini dapat dilaksanakan pada transisi semester genap ke semester ganjil (transisi semester 6 ke semester 7). Adapun nilai Kuliah Praktik tersebut akan disampaikan di Semester 7.

Dalam pelaksanaan Tugas Akhir dan Praktik Kerja terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilakukan mahasiswa. Tahapan-tahapan tersebut disampaikan dalam acara ini agar mahasiswa dapat lancar dalam melaksanakan perkuliahan hingga lulus tepat waktu menjadi sarjana Teknologi Pangan nantinya.