Teknologi Pangan ITERA dan PATPI Lampung Adakan International Webinar tentang Pangan dan Sistem Imun

Teknologi Pangan ITERA dan PATPI Lampung Adakan International Webinar tentang Pangan dan Sistem Imun

Lampung – Program studi Teknologi Pangan Institut Teknologi Sumatera bekerjasama dengan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan (PATPI) Lampung melaksanakan kegiatan webinar pada Selasa (2/6) pukul 14.00 WIB. Kegiatan yang berjudul “International Webinar Conference: Food and Immune System During COVID-19 Pandemic” tersebut digelar dengan peserta sebanyak 1.424 orang yang berasal dari dalam dan luar negeri. Para peserta dalam acara ini adalah mahasiswa, dosen, peneliti, dokter, serta dari kalangan industri.

Acara besar yang diselenggarakan pertama kalinya oleh prodi Teknologi Pangan ITERA ini mengundang empat pembicara, yaitu Dr. Vimal Karani dari University of Reading UK, dr Laurentya Olga, M.Phil dari Cambridge University UK, Prof. Sukrasno, M.S. dari ITERA, dan Dr. Samsu Udayana Nurdin dari Universitas Lampung.

Topik presentasi yang diangkat berfokus pada berbagai hal, mulai dari urgensi kebutuhan vitamin D, pengaruh oligosakarida pada Air Susu Ibu (ASI) pada sistem imun bayi, metabolit sekunder pada bahan pangan yang dapat berperan sebagai aktivitas immunomodulator, serta potensi pati termodifikasi secara fitokimia sebagai penguat imun.

“Dengan mengelola Vitamin D dalam tubuh, berarti kita juga dapat mengelola Immunoglobin E yang merupakan reaksi kekebalan”, kata Dr. Vimal Karani sebagai narasumber pertama dalam kegiatan ini. Dr. Karani – yang merupakan associate professor dalam bidang Nutrigenetics dan Nutrigenomics – menganjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari selama 60 menit yang dilakukan pada pagi hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Pada kesempatan tersebut, dr. Laurentya Olga berbicara mengenai oligosakarida dari Air Susu Ibu (ASI) atau disebut juga Human Milk Oligosaccharide (HMO). “Proses menyusui dapat menyelamatkan lebih dari 800.000 nyawa pada setiap tahunnya,” ujarnya. Selain itu, ia juga menjelaskan beberapa faktor yang memengaruhi kadar HMO pada ASI, seperti genetika, kursus laktasi, mikrobiota, termasuk proses bersalin.

Narasumber dari Institut Teknologi Sumatera, Prof. Sukrasno, M.S., menjelaskan berbagai senyawa penting dalam pangan yang berperan sebagai metabolit sekunder. Dalam kegiatan webinar yang ditayangkan melalui platform Zoom dan Youtube Live tersebut, terdapat pula Dr. Samsu Udayana Nurdin dari Fakultas Pertanian Universitas Lampung sekaligus sebagai Ketua PATPI Lampung. Menurutnya, untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah diet yang dilakukan setiap harinya.

Kegiatan International Webinar ini merupakan bagian dari tanggungjawab civitas akademika ITERA serta Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Lampung dalam menyampaikan pengetahuan mengenai ilmu pangan, khususnya pada sistem imun. Dalam acara tersebut, peserta webinar juga dapat memberikan donasi untuk mahasiswa/i terdampak pandemik COVID-19. Donasi yang terkumpul dalam acara tersebut adalah sebesar Rp. 3.735.000 (tiga juta tujuh ratus tiga puluh lima ribu rupiah) yang didapat dari 30 donatur. (ONF/HAP)

Leave a Reply